Pendapat Pribadi tentang Karya Vincent Van Gogh

 



Nama : Zaidan Muhammad Naufal

NPM : 202046500250

Kelas : R4D

Dosen Pengampu : Angga Kusuma Dawami, M.Sn. M.Sn.

 

UTS Kajian Seni Rupa & Desain

 

1. Membuat tulisan (ketikan sendiri) dengan topik mengangkat salah satu karya seni desain (apapun), tanpa menuliskan teori dan kutipan, dengan pengembangan kata-kata sendiri, minimal 1000 kata.


Secara pribadi saya mengagumi setiap karya seni yang dibuat oleh Vincent Van Gogh salah satu pelukis paling menakjubkan yang pernah hidup. Beberapa tahun yang lalu, saya menemukan sebuah buku tentang hidupnya dan penderitaan yang luar biasa dari Genius ini. Berjuang setiap hari, dari keseharianya yang hanya memakan sepotong roti, sampai hari kematiannya. 





Hal pertama yang perlu diketahui tentang seni Vincent Van Gogh adalah bahwa dia bukan seniman alami dan karya awalnya dengan jelas menunjukkan hal ini tidak terlalu bagus.
 
Meskipun karya awalnya tidak bagus, dia dengan cepat mulai mengembangkan gaya lukisannya sendiri, dan dia mempelajarinya dengan sering membuat salinan langsung dari karya seniman lain.
Cat akrilik yang cepat kering tidak dikenal pada zaman Vincent dan oleh karena itu pilihan media yang lebih disukai adalah minyak yang terkenal lambat mengering, sehingga seniman biasanya membutuhkan waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan, dan bahkan bertahun-tahun untuk menyelesaikan lukisan. Yang memberi kita petunjuk tentang salah satu hal yang membuat karya Van Gogh berbeda, dia melukis dengan sangat cepat! Karena ini saya juga sangat suka Van Gogh kecepatanya melukis sangat luar biasa cekatan dan terampil walaupun punya masalah mental dia tetap berkarya

Dalam waktu kurang dari sepuluh tahun, (dia baru berusia 37 tahun ketika dia meninggal) dia menghasilkan lebih dari 2.000 karya seni yang hampir 900 di antaranya adalah lukisan cat minyak. Keluarannya sangat mengejutkan,
Yang juga menarik dari kejeniusan yang dibuat sendiri ini adalah, dalam arti sempit, karena dia tidak pernah menjual karyanya, dia hanya seorang pelukis amatir; mungkin yang terbesar yang pernah ada.



Disini saya akan memberikan Pendapat Pribadi tentang Lukisan karya Vincent Van Gogh The Starry Night



    Starry Night karya Vincent Van Gogh, menurut saya adalah sebuah mahakarya. Saya juga lumayan suka karya dari Vincent Van Gogh yang lainya seperti Wheat Field, Cafe Terrace at Night. Namun saya pribadi lebih menyukai Starry Night karya Vincent Van Gogh. Saat Melihat Karya tersebut dan memahami peristiwa yang terjadi di karya tersebut itu membangkitkan beberapa emosi yang agak kuat dalam diri saya, saya merasa sedikit merinding dan sangat terkesan saat melihat Karya Vincent Van Gogh The Starry Night tersebut. Seni adalah cara untuk mengekspresikan diri, saya merasa seolah-olah dapat memahami keinginan Van Gogh untuk melukis pemandangan alam karena melambangkan kebebasan. Van Gogh memperoleh perspektif berbeda tentang seni dan kehidupannya yang dapat ditunjukkan melalui karya seninya. Van Gogh belajar melukis sendiri karena dikeluarkan dari sekolah seni karena terlalu banyak menggunakan cat. Starry Night oleh Van Gogh adalah sebuah mahakarya karena membangkitkan emosi dari pemirsa yang melihatnya seperti saya. Setelah melihat karya tersebut Jiwa seniman yang didalam diri saya langsung bangkit biasanya dan ada rasa ingin menggambar jadi setiap saya kehabisan ide ataupun saat sedang malas biasanya saya langsung melihat The Starry Night karya Vincent Van Gogh tersebut karena itu memberikan saya aspirasi yang luas terhadap dunia Seni

 

Kegenuisan Vincent yang saya rangkum dalam sejarah dia Hidup



  • Tidak ada orang sebelum dia menggunakan warna secara ekspresif seperti dia. Bagi Vincent, warna adalah emosi. Suratnya kepada Theo menyebutkan bahwa penggunaan warna hijau dan merah di Night Cafe mengungkapkan keputusasaan manusia, dosa dan kejahatan, dll. Tidak ada lukisan sejak Renaisans yang menggunakan warna kuning setegas yang dia lukis, seperti di banyak Bunga Matahari dan ladang gandum yang dia lukis. Dia orisinal dan sangat kreatif dalam menggunakan warna-warna berani dan tidak bercampur.
  • Dia jujur ​​dengan dirinya sendiri sepanjang hidupnya, yang menurut saya benar-benar sebuah bakat. Dia melepaskan hal-hal yang tidak dia sukai atau benar-benar yakini. Dia adalah yang disebut kambing hitam dalam keluarga dan gagal lagi dan lagi, tetapi dia tidak pernah berhenti mencari dan mencoba. Ini adalah sesuatu yang sangat luar biasa dan langka.
  • Cara dia mengalami dan menciptakan sangat pribadi dan langsung. Untuk melukis para penambang, Vincent menjalani hidup mereka dan menderita rasa sakit mereka, seolah-olah dia adalah salah satu dari mereka. Untuk melukis Matahari di Arles, dia menolak memakai topi sehingga dia benar-benar bisa merasakan energi Matahari. Ini memberi lukisannya energi dan vitalitas yang membedakannya dari pelukis lain.

Kehidupan Sedih Vincent Van Gogh



Van Gogh memiliki kehidupan yang sangat sulit dan bermasalah. Dia menderita gangguan bipolar dan beberapa bentuk depresi. Dia mampu mengubah kesedihannya menjadi keindahan. Dia dengan sempurna menangkap emosi dunia di sekitarnya. Pilihan warnanya sangat fantastis dan tekstur catnya menawan. Ketika saya melihat karyanya, saya menangis karena saya bisa membayangkan apa yang dia lalui tanpa mengabaikan keindahan lukisan itu. Saya pikir Van Gogh adalah seniman yang luar biasa karena lukisannya memiliki sedikit dari segalanya. Gayanya begitu unik. Dia, menurut pendapat saya, salah satu pelukis terbesar yang pernah hidup.

Dia menjalani kehidupan yang menyedihkan. Dia sangat miskin dan hanya bertahan karena dukungan keuangan dari saudaranya Theo. Namun terlepas dari semua ini, ia berhasil menghasilkan apa yang kemudian dianggap sebagai beberapa seni terbesar, lukisannya telah terjual seharga $50 juta. Sayangnya dia hanya sangat sedikit lukisan nya selama hidupnya. Banyak buku, dan beberapa film, telah dibuat tentang hidupnya. Saya pernah melihat dari Buku sejarahnya sel/kamar di rumah sakit jiwa Prancis selatan di mana dia menghabiskan sekitar satu tahun hidupnya dalam kerangka waktu tahun 1889.



Demikian dari penjelasan dan pendapat saya mengenai Vincent Van Gogh Seniman yang sangat saya sukai dan kesimpulan yang saya dapat setelah saya membaca beberapa Buku mengenai Vincent Van Gogh kita harus belajar jangan pernah menyerah terhadap sesuatu dan jika mempunyai Hobi terhadap sesuatu harus belajar karena Bakat hanya membantu sedikit dalam hal tertentu Usaha tidak akan pernah mengkhianati Hasil belajarlah sebisa mungkin jangan pernah menyerah Vincent Van Gogh hidupnya sangat tragis tetapi dia masih bisa menjadi seniman yang melegenda di Dunia namanya terdengar ke Seluruh Bumi dari Anak yang mempunyai Masalah mental sehingga menjadi Seniman yang sangat Hebat.

Saya pun demikian setelah membaca itu semua saya menjadi Terinspirasi untuk melakukan hal yang hebat karena kita tidak tahu sukses itu ada dimana bisa jadi saya menjadi Seniman seperti Vincent Van Gogh tersebut jika saya berusaha lebih giat!

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar